Jumat, 03 Juni 2011

Perkembangan TIK di Universitas Gunadarma

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan.

Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.

1982 Pembelian komputer pertama untuk proses pendidikan di Gunadarma.

1988 Bantuan komputer dari presiden yang digunakan untuk kegiatan kursus pembekalan dan Pengembangan Local Area Network (LAN) pertama di Gunadarma.

1992 Pengembangan Sistem Manajemen Akademik Online untuk pengisian KRS, basis data mahasiswa, pengolahan nilai dan KTM.

1994 Pemasangan koneksi Internet dengan dial-up MODEM di lembaga pengembangan komputerisasi.

1995 Pemasangan jaringan intranet pertama dengan 10-base-5 di Kampus Kelapa Dua.

1996 Pemasangan koneksi internet dengan VSAT bekerja sama dengan PT Indosat dengan kapasitas sebesar 128 Kbps dan Peluncuran situs resmi Universitas Gunadarma dengan alamat http://www.gunadarma.ac.id.

1998 Penggantian media koneksi Internet dengan Leasedline PT Telkom dengan kapasitas sebesar 256 Kbps

1999 Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 512 Kbps.

2000 Peluncuran staffsite di http://staffsite.gunadarma.ac.id untuk informasi pembelajaran dari setiap dosen dan Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 1 Mbps.

2002 Upgrade kapasitas koneksi internet sebesar 2 Mbps.

2003 Peluncuran career center di http://career.gunadarma.ac.id untuk pengelolaan data alumni dan pengembangan karir, yang didanai oleh proyek TPSDP dan Peluncuran situs baru perpustakaan dan digital library di http://library.gunadarma.ac.id , yang sebagian anggarannya didanai oleh Proyek TPSDP.

2004 Pemasangan backbone Fiber Optics di tiga lokasi kampus yaitu Kampus D, Kampus E, dan Kampus G.

2005 Peningkatan bandwidth internet dari 2 Mbps menjadi 16 Mbps Pemasangan fixed wireless antar kampus.

2006 Pemasangan fasilitas WiFi pertama. Universitas Gunadarma tergabung dalam jaringan Indonesian Higher. Education Network (INHERENT) dengan bandwidth 1 Mbps. Pemasangan fasilitas Video Confference yang didanai dari proyek INHERENT.

2007 Penambahan fasilitas WiFi menjadi 20 titik. Penambahan kapasitas bandwidth dari 16 Mbps menjadi 26 Mbps. Pemasangan Internet broadband di kampus Simatupang dengan bandwidth 2 Mbps Peluncuran Studentsite di http://studentsite.gunadarma.ac.id dengan kapasitas virtual locker setiap mahasiswa sebesar 100 Mb. Peluncuran repository system dihttp://repository.gunadarma.ac.id Peluncuran e-learning system dihttp://elearning.gunadarma.ac.id Penyediaan fasilitas Internet Lounge di 3 lokasi kampus.

2008 Peluncuran desain baru website Universitas Gunadarma beserta subdomain pendukung lainnya. Penambahan bandwidth Internet dari 26 Mbps menjadi 30 Mbps. Penambahan fasilitas WiFi menjadi 70 titik di semua lokasi kampus. Peluncuran beberapa layanan informasi akademik berbasis web yang meliputi:

UG Open Course ware di http://ocw.gunadarma.ac.id
UG News di http://ugnews.gunadarma.ac.id
UG Community di http://community.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar